Friday, May 25, 2012

Cara membuat akun dan laman Google Plus serta kegunaannya

Google plus merupakan jejaring sosial yang resmi diluncurkan pada 28 Juni 2011 yang terintegrasi dengan profil akun google dan google Buzz. Tujuan utama memang untuk menyaingi jejaring sosial facebook yang telah menembus angka 750 juta pengguna di seluruh dunia (bisa gak yaaa?). Di Indonesia sendiri pengguna Plus one ini belum begitu banyak dan masih kalah jauh dengan facebook atau twitter, paling-paling hanya pemilik website dan blog yang memilikinya untuk tujuan promosi web nya.

Fitur dari Google+ banyak kemiripan dengan jejaring sosial seperti Facebook dan LinkedIn. Cara Google+ menampilkan pemberitahuan, pemberitahuan belum dibaca, dan link ke posting juga mirip dengan "Pemberitahuan" di Facebook. 

cara membuat akun di google plus
Buat sobat yang pingin membuat akun google plus layak kiranya mengetahui fitur-fitur tersebut:
  • "Circles" atau lingkaran memungkinkan pengguna untuk mengatur kontak menjadi kelompok untuk berbagi. Meskipun pengguna lain dapat melihat daftar orang-orang dalam koleksi lingkaran pengguna, mereka tidak dapat melihat nama-nama lingkaran mereka. Pengaturan privasi juga memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan pengguna di kalangan mereka serta yang telah mereka dalam lingkaran mereka. Organisasi dilakukan dengan menyeret antarmuka. Sistem ini menggantikan fungsi daftar teman biasa digunakan oleh situs-situs seperti Facebook.
  • "Messenger" adalah fitur yang tersedia untuk Android, iPhone, dan perangkat SMS untuk berkomunikasi melalui pesan instan dalam Circles.
  • "Hangouts" adalah tempat yang digunakan untuk memfasilitasi kelompok obrolan video (dengan maksimal 10 orang berpartisipasi dalam Hangout tunggal pada setiap titik waktu). Namun, siapa pun di web ini berkesempatan untuk bergabung dengan 'Hangout' jika mereka kebetulan memiliki URL yang unik dari Hangout tersebut.
  • "Instant Upload" khusus untuk ponsel Android untuk menyimpan foto atau video dalam album pribadi untuk berbagi nanti.
  • "Sparks" adalah sebuah front-end untuk Google Search, memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi topik mereka mungkin akan tertarik dalam berbagi dengan orang lain; "menampilkan kepentingan" percikan juga tersedia, berdasarkan topik lain secara global menemukan sesuatu yang menarik.
  • "Streams," pengguna melihat perkembangan terbaru dari orang-orang di kalangan mereka, perkembangan terbaru mirip dengan news feed di Facebook. Kotak input memungkinkan pengguna untuk memasukkan status terbaru atau menggunakan ikon untuk mengunggah dan berbagi foto dan video.
  • "Games", 16 permainan telah dirilis pada bulan Agustus 2011. sumber; wikipedia
Google plus juga memiliki fitur seperti halaman facebook / facebook page, dan kita bisa membuatnya tentu saja setelah membuat akun pribadi di google plus. Langsung saja kita ikuti cara pembuatan akun dan laman di google plus ini:

A. Membuat akun pribadi Google Plus

  1. Masuk ke plus.google.com dengan akun gmail sobat.
  2. Masukkan nama dan pilih jenis kelamin
  3. Centang tanda persetujuan lalu klik Tingkatkan.
  4. Pada item tambahkan orang yang anda kenal silakan masukkan alamat email teman untuk mengundangnya bergabung atau klik Yahoomail atau Hotmail. Tapi saya sarankan sobat langsung Lanjutkan saja dulu, toh untuk mencari teman bisa dilakukan nanti.
  5. Pada item Ikuti orang atau Halaman yang menarik silakan Lanjutkan.
  6. Akan muncul "Anda mungkin sendirian....." pilih tetap lanjutkan
  7. Setelah itu sobat akan diarahkan untuk membuat profil seperti memasukkan foto, pekerjaan, sekolah, dan tempat tinggal.
  8. Selesai. 
Maaf mungkin tidak perlu memakai gambar tutorial, karena saya yakin cukup mudah cara membuat akun di google+ ini.


B. Cara membuat laman di google Plus One

Selesai membuat akun milik sendiri langsung saja kita ikuti cara membuat halaman di google plus yang bisa diintegrasikan dengan url blog kita.
Silakan arahkan scroll mouse ke arah palin bawah / footer. Ada link Buat Laman. Klik link tersebut.

membuat halaman laman di google plus

  1. Pilih produk atau merek
  2. Masukkan Deskripsi Blog, URL blog, Jenis Blog / Situs, dan centang form persetujuan ketentuan laman.
  3. Klik Buat Laman
  4. Setelah itu kita akan di arahkan untuk memperbaharui / membuat profil laman. Selesai. 

Terus apa saja kegunaan dan manfaat google plus ini buat seorang blogger?
  1. Kita blogger yang memiliki akun di google plus bisa share posting blog kita secara langsung setelah kita publikasi artikel. Belum lagi jika pengunjung lain yang baik hati mau juga share posting kita di akun Plus one mereka. Ini mirip share / like facebook  dan retweet pada twitter. Makin banyak khan link posting kita di dunmay? Hal ini akan masuk pada crawl google dan akan berdampak pada meningkatnya ranking di masa index berikutnya. Tapi ini tidak mutlak, kalau hal ini direkayasa maka yang terjadi adalah sebaliknya. Intinya ini adalah salah satu upaya Optimasi blog alias SEO blog.
  2. Memunculkan gambar profil google plus kita di halaman google search. Liat gambar di bawah, Yaa biar kelihatan lebih keren dan profesional kali yeee... heee (memang foto profil google plus ini terkadang bisa muncul bisa tidak). Trus bagaimana caranya agar bisa muncul? Coba sobat perhatikan link footer kiri bawah. Sobat cukup memasang link akun google plus pribadi dan publisher di blog sobat sendiri.
cara memunculkan gambar profil google di hasil pencarian search engine


Nah bagaimana sobat, buat yang punya akun google plus, sekarang lah saatnya. Sebuah kerugian saya kira jika seorang blogger tidak memiliki akun di google plus yang gratis dan terintegrasi dengan blogger ini. Buat sobat yang ingin memasang widget google plus share +1, sekarang juga cukup mudah karena sudah masuk di fitur add gadget. Bisa juga sobat memakai punya saya, hehehe.Tuh yang sebelah kiri.

3 comments:

  1. bermanfaat sekali :) ditunggu kedatanngannya ditempat saya ya :)

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat nitip http://masterpendidikan.blogspot.com/2014/12/jokowarinocom-tempat-berbagi-informasi.html

    ReplyDelete