Tuesday, May 29, 2012

Kesalahan-kesalahan Blogger Pemula


Secara umum kesalahan yang dialami oleh blooger pemula termasuk saya sendiri adalah hal klasik yang setiap blooger pemula pasti mengalaminya. Ketika kita memulai Blogger setidaknya akan ditemui kendala-kendala dalam mengisi konten, menerapkan SEO pada blog, tampilan blog dan hal lainnya yang akhirnya menjadi masalah tersendiri bagi kita.
Disini saya tidak akan menggurui atau menyalahkan newbie toh semua bisa di ubah dan diarahkan untuk menjadi blogger yang lebih baik.
Apa yang disampaikan disini tidaklah muthlak benar karena setiap individu tentu mempunyai cara pandang sendiri, namun apa yang disampaikan disini adalah hasil pengamatan dari pengalaman saja. Moga dari postingan ini dapat membantu teman-teman yang baru memulai blooging.
Kesalahan Blogger pemula dapat disimpulkan :
  •  Copy paste artikel dari blog lain
  •  Mengambil berbagai macam tema artikel dalam satu blog
  • Terpaku pada teknik SEO off Page.
  • Terlalu berorientasi pada Uang/penghasilan
  • Terburu-buru memakai domain gratisan dan membeli TLD sendiri.

A. Copy paste artikel dari blog lain
Copy paste dari blog lain sebenarnya juga pernah saya lakukan bahkan samapai titik koma tidak saya ubah maklum waktu itu saya masih bingung dengan tujuan saya bikin blog. Untuk menghindari hal tersebut dapat dilakukan hal-hal berikut ini:
  1. Cari topic yang akan kita postingkan kemudian cari beberapa artikel baik secara online atau offline (buku, majalah dll) sebagai sumber bahan tulisan.
  2. Pelajari materi tersebut dengan baik sehingga kita paham
  3.  Buatlah tulisan dengan gaya kalian sendiri tentang topik yang ingin kalian buat
  4.  Jika postingan seperti cara memuat e-mail, cara mendaftar blog yang membutuhkan gambar cobalah kalian mencoba sendiri dulu langkah-langkahnya agar lebih paham dan bisa menganalisa jika ada bagian yang butuh penjelasan khusus.
Pada awalnya mungkin susah contohnya saya sendiri yang memang todak punya hobi nulis kaya ginian, tapi hal terebut harus kita lakukan untuk kepentingan kita sendiri yah mungkin dari sini lama kelamaan jadi penulis beneran ya nggak ……!???? ###

B. Mengambil berbagai macam tema artikel dal satu blog.
Hindari tema blog kita dengan berbagai macam postingan yang nantinya akan menyulitkan kita sendiri, buatlaha blog yang focus pada satu atau dua tema saj misal blog yang mebahas tetang blog, kesehatan atau hal yang lain jangan dicampur aduk beribet dah …
Fokus dengan topic tertentu akan mempermudah mesin pencari menemukan blog kita dan effeknya jelas blog kita lama kelamaan akan mempunyai hits yang tinggi. Fokuskan pada satu atau 2 tema saja, agar usaha SEO blog kita tidak sia-sia. Perhatikan juga bounce rate blog kita.

C. Terpaku pada teknik SEO off Page.
Kesalahan yang dialami blogger pemula selanjutnya adalah terlalu memikirkan dan mengutak-atik teknik SEO tanpa memperbaiki konten.
Apapun teknik yang kita lakukan untuk meningkatkan rating blog kita tapi harus diingat jika orang yang melihat blog kita bukan mencari teknik seo kita tapi konten yang ada di blog kita. Hal ini pernah saya buktikan sendiri, dengan memuat sebuah paragraph sederhana tentang unek-unek saya ternyata sudah dikunjungi beberapa orang walaupun saat itu saya belum menerapkan teknik SEO sama sekali. Hal ini membuktikan konten yang tepat juga merupakan SEO tersendiri bagi blog kita.

Ketika berburu backlink dan berkomentar di blog-blog dofollow  buatlah komen yang berbobot kalau perlu berilah saran dan jikapun memrikan pujian berikan pijian sekedarnya jangan terllau muluk-muluk  hal ini akan menyenangkan pemilik blog dan memberikan backlinknya.

Memang SEO of page juga harus dilakukan namun jangan lupakan juga SEO on page blog. Karena dari sinilah potensi untuk menjaring pelanggan baru.

D. Terlalu berorientasi pada Uang/penghasilan
Tujuan dari blog adalah untuk saling berbagi informasi bukan berjualan ingat yang dibutuhkan pengunjung adalah konten alias isi artikel, bukan iklan-iklan yang bejibun. Jangan sampai pengunjung langsung kabur akibat loading blog yang lambat karena banyaknya iklan yang ikut nebeng di blog. Kalau mau pasang iklan, pasanglah iklan yang jelas-jelas menghasilkan uang dan pastikan setelah blog kita rame dan banyak memiliki pelanggan/follower. Blog itu adalah konten, konten adalah raja, Blog juga bukan toko mobile.

E. Terburu-buru memakai domain gratisan dan membeli TLD sendiri.

Memang ini hak blogger itu sendiri, terlebih jika tujuannya hanya untuk mencari pengalaman atau kesenangan semata. Namun jika tujuannya uang dan upaya SEO, saya rasa jangan pernah memakai domain gratisan semacam dotcodotcece, hehehe. Ingat domain seperti itu pernah di deindex oleh google, walau sekarang sudah kembali di index google, tapi yang namanya sudah cacat, tentu kepercayaan search engine berkurang. Pernahkah saat ini sobat lihat domain dotcodotcece tersebut nangkring di halaman pertama Google? Kalaupun ada paling cuma satu dua saja. Sama jika kita pernah dibohongi seseorang, tentu tingkat kepercayaan kita berkurang terhadap orang tersebut. 

Sebelum beli Top level domain berbayarpun, pikirkan pula mengenai keuangan / dana yang dibutuhkan. Jangan hanya karena gengsi kita lalu membeli domain, kuasailah dulu teknik dan strategi SEO yang baik dan benar. Intinya kalo pakai subdomain gratis aja bisa bersaing dengan blog lain dan bisa menarik banyak follower, ngapain juga beli domain? Perhatikan blog-blog yang sudah mapan yang memiliki banyak pelanggan. (gak perlu lah saya sebutkan satu persatu", Mereka bertahun-tahun masih pakai subdomain kok. Toh masih bisa eksis. Dan tidak ada yang bisa menjamin dengan TLD seperti dotcom bisa nampang di halaman pertama google.

Yah saya kira itu saja ya sedikit tulisan dari pengalaman saya. Ini hanya sekedar saran dan kritikan yang mudahan bisa menambah wawasan kita dalam blogging, mohon maaf jika ada yang tersinggung, wabillahi taufik walhidaayah, Tsumma salaamu alaikum warahmatullah wa bawarakaatuh, Jama'aaah oooh Jama'aaah.... Alhamduu lillaaah... hehehe

Happy Blogging.

No comments:

Post a Comment